Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape

Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape - Hallo sahabat AquascapeKobok Aquascape Indonesia, Pada sharing Aquascape kali ini yang membahas Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape, saya telah menyediakan beberapa artikel tentang Aquascape yang 100% hasil copas dari sobat sobat aquascape di seluruh dunia ini hanya meringankan pencarian di google yang sedang menekuni bisnis atau hobi Aquascape.

Pengarang Artikel Aquascape : Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape
Jenis Aquascape : Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape

lihat juga


Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape

Darimana datangnya keong hama pada Aquascape ? Ada banyak cara bagaimana keong hama bisa muncul.

Sebenarnya keong tidak dengan cepat menghabiskan tanaman dalam aquascape anda namun keong memiliki kelebihan yaitu hewan ini termasuk hermaprodite jadi tidak memerlukan pasangan untuk berkembang biak, nah hal inilah yang menjadi masalah besar karena jika anda membiarkan sebentar saja keong ada dalam tanki aquarium anda maka akan didapati daun tanaman anda menjadi gundul dalam waktu yang cepat.

Pada awalnya, pada saat mengatur akuarium pertama kali, keong-keong ini tidak ada sama sekali, bagaimana keong ini bisa ada ? dan bagaimana mengatasi hal ini? 

Keong hama berkembang pesat di dalam aquascape yang kotor. Cara terbaik (tanpa zat-zat kimiawi) untuk menyingkirkan keong hama adalah memotong sumber makanannya. Dengan tidak adanya makanan bagi keong, populasi keong akan berkurang. 

Berikut point-point langkah pencegahan agar keong hama dan telurnya tidak bersarang pada akuarium aquascape Anda :
  1. Dari tanaman yang Anda beli, batang dan akar tanaman. Sebelum memasukan ke akuarium, sebaiknya tanaman tersebut dicuci bersih diperiksa apakah ada keong dan telur yang menempel.
  2. Untuk Antisipasi hama keong, kayu, batu & pasir selalu dicuci bersih & rebus sebelum masuk ke tank. 
  3. Celupkan terlebih dahulu  di larutan "snail remover" untuk bunuh telur-telur keong, lalu dibilas bersih.
  4. Populasi siput atau keong hama biasanya karena sisa makanan berlebihan. Mesti dikurangi pemberian makan. 
  5. Keong-keong kecil ini merupakan 'scavenger', memakan dengan memunguti pakan sisa, alga, detritus, bangkai dan mungkin juga tanaman air berdaun lunak jika sumber makanan tidak ditemukan. 
  6. Akuarium yg kotor/ tidak seimbang akan menyebabkan alga tumbuh subur. Alga yg tumbuh di permukaan kaca dapat dibersihkan. Tanaman air yg terjangkiti alga segera disingkirkan. 
  7. Detritus merupakan materi hancuran organik baik dari hewani ataupun nabati. 
  8. Daun-daun tanaman yang rontok/ sudah mati/ membusuk sebaiknya segera diangkat dari akuarium. 
  9. Bangkai ikan/ udang/ keong harus segera diangkat. 
Anda bingung bagaimana mengatasi Keong Hama pada Akuarium Aquascape, berikut caranya :

1. Cara Mengatasi Keong Hama Pertama adalah dengan memakai Ikan Puffer alias Ikan Buntal

Ikan Puffer bisa memusnahkan keong dalam tangki akuarium Anda, tidak hanya memakan keong hama tapi juga bisa memakan Keong Hias atau Keong Tanduk lainnya. Namun kekurangan menggunakan Ikan Puffer ini yaitu bisa memakan sebagian spesies udang yang ada pada Akuarium Anda. Jadi sebaiknya cepatlah dikeluarkan atau diisolasikan diruang terpisah agar Aquascape Anda tidak rusak. 

2.   Cara Mengatasi Keong Hama Kedua adalah dengan memakai Keong Predator

Keong Assasin sangat direkomendasikan untuk mengatasi keong hama di Aquascape, sifatnya yang gesit dan pandai mencari keong hama bahkan sampai ke sela-sela batu maupun tanaman dalam tangki akuarium Anda.

3.   Cara Mengatasi Keong Hama Ketiga adalah dengan Menjebak Keong

Pada malam hari siapkan potongan ketimun diatas piring lalu taruh di akuarium Anda, serta matikan lampu penerangannya, Pada paginya Anda akan mendapati keong hama yang melekat di ketimun.

4.   Cara Mengatasi Keong Hama Keempat adalah dengan memakai Cairan Kimia Snail Killer

Cara ini cukup efektive namun dampak panjang yang dihasilkan akan mempengaruhi siklus alami konsentrasi air dalam aquascape Anda.

5.   Cara Mengatasi Keong Hama Kelima adalah dengan Memungut Keong

Cara yang paling aman yaitu dengan cara manual dengan memunguti satu-satu.

6.   Cara Mengatasi Keong Hama Keenam adalah dengan Memelihara Clown loach

Clown loach dewasa suka memakan siput dan juga telur-telur siput.


Demikianlah bermacam Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape yang bisa Anda lakukan, untuk mengatasi dan mengendalikan Keong Hama pada akuarium aquascape.

Bagi yang membutuhkan Keong Assasin Snail ini, segera hubungi. Kami menjual baik eceran maupun reseller Keong Assasin dan Golden Assasin.


Tag: Pembasmi Keong Hama, Assasin Murah, Assasin Jakarta Bandung Jogja Surabaya Bali Medan, Jual Assasin, Harga Assasi Aquascape, cara membasmi hama keong di aquascape, cara menghilangkan keong aquascape, keong hama pada aquascape, cara membasmi keong pada aquascape, keong di aquarium, keong di aquascape, kenapa ada hama keong di aquascape, membasmi hama keong aquascape, ikan perusak aquascape



Demikianlah Artikel Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape

Sekian Aquascape Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Aquascape kali ini ingat 100% artikel Aquascape ini copas.

Anda sedang belajar aquascape Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape dan artikel ini url permalinknya adalah https://blogaquascape.blogspot.com/2011/04/cara-mengatasi-keong-hama-pada-aquarium.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Keong Hama pada Aquarium Aquascape"

Posting Komentar